Sejarah SMAK Yos Sudarso

Sejarah SMAK Yos Sudarso

SMA Yos Sudarso adalah sekolah swasta Katolik yang berada di bawah naungan Yayasan Tunas Karya. SMA Yos Sudarso termasuk salah satu sekolah tertua di Batam.
Bermula dari SD Karya Dharma, sebuah sekolah kecil yang diusahakan dan diselenggarakan oleh umat Katolik di Sei Jodoh dengan menggunakan kapela (gereja kecil). Pada 20 Januari 1977 terjadi penyerahan pengelolaan SD Karya Dharma dari umat setempat kepada Yayasan Tunas Karya yang memang mengkhususkan diri dalam pengelolaan pelayanan bidang pendidikan dan diberikan nama SD Yos Sudarso. Tiga tahun kemudian tepatnya Juni 1980 SD Yos Sudarso pertama kali meluluskan 16 siswanya.
Seiring dengan kebutuhan pendidikan menengah yang masih kurang di Batam, maka pada tanggal 20 Juli 1981 dilaksanakan upacara kecil di Kapela Santa Maria Sei Jodoh yang dihadiri beberapa tokoh umat Katolik, Kepala SD Yos Sudarso Bapak Herman Yoseph Ngadiman, dan Ketua Yayasan Tunas Karya Pastor W.H. Lambregts,SS.CC. Dipotongnya seutas pita merah yang dibentangkan pada dinding papan tulis warna hijau oleh Pastor YTK menandai berdirinya dan dimulainya pendidikan di SMP Yos Sudarso, Batam.
Penetapan kota Batam sebagai daerah otorita, mengharuskan Batam harus ditata secara menyeluruh, terpadu, dan terencana. Sentral pemukiman penduduk di Sei Jodoh yang menempati tempat tinggal semi permanen, secara perlahan-lahan mulai ditertibkan dan ditata sesuai dengan rencana dengan memberikan pemukiman baru di Bukit Nagoya. Secara perlahan dimulailah perpindahan penduduk dari Sei Jodoh ke Bukit Nagoya. Begitu juga dengan SD dan SMP Yos Sudarso pindah ke Bukit Nagoya setelah mendapatkan sebidang tanah seluas 11.500 m2 di sebuah bukit berlereng. Disitulah mulai dibangun gedung permanen yang lebih layak untuk penyelenggaraan pendidikan, yang dilakukan oleh PT. Kurnia Dwiputra dengan membangun 6 lokal kelas untuk SD dan 4 lokal kelas untuk SMP. Maka pada Januari 1982 SD dan SMP Yos Sudarso pindah ke tempat yang baru.
Lokasi 11.500 m2 yang semula dirasakan sangat lapang sekali, sejak tahun 1990 sudah dirasakan sangat sesak dan terasa semakin menyempit, karena bangunan lokal kelas semakin bertambah seiring dengan pertambahan jumlah kelas dan siswa. Kepadatan semakin dirasakan setelah dibangunnya gedung SMA Yos Sudarso di lokasi yang sama. Kepadatan SD, SMP, dan SMA Yos Sudarso telah menghambat arus lalu lintas khususnya di Jalan Imam Bonjol. Akhirnya yayasan Tunas Karya memohon sebidang tanah kepada Otorita Batam, dan mendapat lokasi baru seluas 4 hektare di Batam Centre. Akhirnya pada tahun 2003, seluruh bangunan baru di Batam Center sudah selesai dan dipakai sampai dengan sekarang.
SMA Yos Sudarso terkenal dengan kedisiplinannya yang tinggi dan dedikasinya dalam menjunjung etika dan moral. Selain terkenal akan tingkat kedisiplinannya yang tinggi, SMA Yos Sudarso juga dikenal sebgai sekolah yang memiliki reputasi yang baik, tenaga pendidik yang berkualitas, beserta sarana dan prasarana yang lengkap. Karena itu, SMA Yos Sudarso pun berhasil membuahkan murid-murid yang berkompeten dan mampu bersaing di dunia nyata.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Sekolah YOS SUDARSO

Mars Yos Sudarso

Mars Pik-R SMAKYS

Find Us !

About

SMA KATOLIK YOS SUDARSO BATAM
STATUS : TERAKREDITASI “A”

Alamat : Jln. Dang Merdu No.02 - Kel. Teluk Tering – Kec. Batam Kota
BATAM 29421 TELP : (0778) 461547