SMAKYS Gelar Upacara MPLS tradisi Sekolah YTK

SMAKYS Gelar Upacara MPLS tradisi Sekolah YTK

    Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau biasa disebut MPLS merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi di komplek Sekolah Yos Sudarso Batam, khususnya SMAK Yos Sudarso. Tak heran jika pagi ini (11 7/2022) SMAKYS dipenuhi siswa/I berseragam putih biru, yang merupakan seragam SMP. Bahkan ada juga yang menggunakan seragam berbeda, hal itu karena siswa tersebut berasal dari SMP swasta lainnya yang tentu punya ciri seragam yang berbeda.

    SMAK Yos Sudarso merupakan salah satu sekolah yang aktif menyelenggarakan kegiatan tersebut untuk membina dan memperkenalkan siswa baru pada aktifitas sekolah, agar mampu menjadi siswa yang aktif peduli dan berperilaku positif. Kegiatan MPLS di hari pertama ini dimulai pukul 07.30 dengan melaksanakan upacara bersama yang juga diikuti siswa kelas XI dan XII. Pembina upacara MPLS dipimpin langsung oleh Ibu Sumiyati, selaku kepala SMAK Yos Sudarso Batam. Upacara tersebut juga bertujuan membuka tahun ajaran baru 2022-2023 dilaksanakan di Lapangan Sekolah Yos Sudarso. Adapun peserta MPLS di SMAKYS di tahun 2022-2023 ini berjumlah 386 siswa, yang terdiri dari 375 siswa baru yang akan duduk di bangku kelas X dan juga ada 11 siswa pindahan dari sekolah lain yang masuk di tahun ajaran 2021-2022 dan belum mengikuti MPLS di tahun ajaran tersebut. Para siswa pindahan ini juga semangat mengikuti MPLS dilihat dari kehadiran mereka yang tidak pernah absen di kelas. Setelah selesai mengikuti kegiatan MPLS, ke-11 siswa pindahan ini akan masuk di kelas XI atau XII sesuai pembagian kelasnya masing-masing.

 


    Setiap kegiatan tentunya mempunyai tujuan, sama halnya dengan kegiatan MPLS di SMAKYS. Berikut ini paparan tujuan kegiatan MPLS SMAKYS yang dibacakan saat upacara oleh ketua MPLS.

  1. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma dan tata tertib yang berlaku. 
  2. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu Hymne dan Mars sekolah. 
  3. Memperkenalkan kepada seluruh siswa, kegiatan yang ada di sekolah. 
  4. Mengarahkan siswa dan memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. 
  5. Membentuk dan membangun karakter siswa sebelum memasuki kegiatan sekolah. 
  6. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab,toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa. 
  7. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

 


    Kegiatan MPLS ini merupakan kegiatan rutin di awal tahun ajaran dan merupakan program kerja dari SMAKYS bersama OSIS. Sekolah bersama OSIS mempersiapkan MPLS ini jauh di tahun ajaran sebelumnya yang diketuai oleh Ibu Ani, beliau juga merupakan pembina OSIS.

     MPLS kali ini bertemakan Bold. Ibu Ani selaku ketua MPLS mengutarakan bahwa tujuan pemilihan tema Bold ini berarti siswa SMAKYS terutama angkatan 35 harus memiliki sikap tegas, berani dan jelas. “Sesuai dengan tema PLS kali ini “Bold”. PLS kali ini bertujuan membangkitkan semangat siswa SMAKYS terutama angkatan 35 agar tangguh, berani, jelas dan tegas dalam bertindak, dan bereksplorasi serta berinovasi dalam menggapai mimpi.” jelas Ibu Ani.

 


    Begitu pula dengan Ibu Kepala SMAKYS yang juga memiliki pandangan yang sama dalam amanatnya ketika upacara MPLS beliau mengajak agar siswa/i baru SMAKYS tidak perlu malu, takut ataupun minder dan mengajak mereka untuk berproses bersama.

 “Tetapi satu hal sebelum kita mengawali tahun ajaran baru ini, maka mulailah dari menggali mimpi, di tahun ajaran baru ini Ibu berharap adik-adik sekalian meninggalkan budaya lama gaya belajar yang tidak baik, mulai menyemangati diri, menata diri di masa sekarang ini.” ungkap Ibu Sumiyati dalam amanat upacara MPLS.

    Upacara simbolis juga dilakukan pada hari ini sebagai tanda awal Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMAK Yos Sudarso telah dibuka. Upacara simbolis ini dipimpin oleh Ibu Sumiyati






Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Sekolah YOS SUDARSO

Mars Yos Sudarso

Mars Pik-R SMAKYS

Find Us !

About

SMA KATOLIK YOS SUDARSO BATAM
STATUS : TERAKREDITASI “A”

Alamat : Jln. Dang Merdu No.02 - Kel. Teluk Tering – Kec. Batam Kota
BATAM 29421 TELP : (0778) 461547