Merajut Tali Silaturahim di SMA Katolik Yos Sudarso Batam, Ada Suasana Teduh Dalam Keberagaman

 

Batam, YTKNews,id—-Tatkala bulan Ramadhan kemarin, keluarga besar SMA Katolik Yos Sudarso Batam melaksanakan buka puasa bersama. Hari itu, Sabtu 15 April 2023. Uniknya, kegiatan buka puasa bersama itu, bertajuk dalam narasi yang membawa suasana teduh dalam keberagaman. Tema itu, “Pembinaan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kerohanian Agama Islam.”


Kegiatan buka puasa bersama di SMA Katolik Yos Sudarso Batam ini merupakan salah satu rangkaian dari berbagai kegiatan untuk menjalin silaturahmi antarumat beragama. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, guru-guru, karyawan, penceramah, dan siswa yang beragama islam bersama dengan keluarga.

Acara diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA Katolik Yos Sudarso, Sumiyati, S.Pd, M.M. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh siswa-siswi dan ceramah agama.

Dalam sambutannya, Kepala SMAK Yos Sudarso menyampaikan bahwa buka bersama kali ini berbeda dengan sebelumnya. “Di SMAKYS, siswa tidak hanya beragama Katolik, tetapi juga ada siswa yang beragama lain, salah satunya Islam. Dan tahun ini, siswa yang bergama Islam mengalami peningkatan jumlah,” ujarnya mengawali. “Acara ini adalah bentuk implementasi dari teori yang dipelajari. Semoga dengan ini para siswa dapat hidup dengan harmonis dalam keberagaman di kehidupan nyata,” tambahnya.

Samuil Adam, Q.H. S.Pd.i, M.Pd. membawakan ceramah agama

Kegiatan ini menghadirkan penceramah muda bernama Samuil Adam, Q.H. S.Pd.i, M.Pd. Tema ceramah yang  disampaikan adalah  Membangkitkan Iman dengan Menjaga Persaudaraan antar Umat Beragama. Beliau menekankan bahwa setiap orang harus menjaga persaudaraan.

“Saya sempat terkejut ketika menerima undangan ceramah di sekolah ini,” ujarnya mengawali ceramah. “Saya tidak menyangka bahwa di sekolah yang berlabel Katolik, dilaksanakan acara buka bersama,” tambahnya lagi. “Sungguh penerapan toleransi di sekolah ini membuat saya kagum,” imbuhnya. Kekagumannya pun disampaikan olehnya dalam kesimpulan ceramahnya, “Kita harus mempunyai rasa persaudaraan, rasa toleransi antar umat beragama, karena tidak ada agama yang mengajarkan keburukan,” jelasnya.


Setelah kultum, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama kemudian para tamu melaksanakan salat Magrib berjamaah.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan toleransi antar umat beragama, sehingga memunculkan kerukunan beragama khususnya di SMA Katolik Yos Sudarso Batam. (sfn)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Sekolah YOS SUDARSO

Mars Yos Sudarso

Mars Pik-R SMAKYS

Find Us !

About

SMA KATOLIK YOS SUDARSO BATAM
STATUS : TERAKREDITASI “A”

Alamat : Jln. Dang Merdu No.02 - Kel. Teluk Tering – Kec. Batam Kota
BATAM 29421 TELP : (0778) 461547