Bawaslu Hadir di SMAK Yos Sudarso, Ada Apa?

Batam, YTKNews.id- Ada sesuatu yang berbeda hari itu di SMAK Yos Sudarso Batam. Rabu, 20 Juli 2023, Badan Pengawasan Pemilu atau yang dikenal dengan Bawaslu kota Batam menyambangi SMAK Yos Sudarso. Acara yang dihadiri oleh empat orang staf dari Bawaslu Kota Batam dan beberapa mahasiswa Universitas Internasional Batam itu diadakan untuk memberikan penyuluhan pada para siswa kelas XII SMAK Yos Sudarso Batam terkait pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Para siswa kelas XII  yang sebagian besar sudah memenuhi syarat usia untuk mengikuti pemilu, tampak antusias menyimak informasi yang diberikan oleh para staf Bawaslu. Informasi yang disampaikan pun sangat beragam, meliputi persyaratan untuk menjadi pemilih, tugas Bawaslu, sampai peran kaum muda dalam pengawalan aktivitas pemilu di masyarakat.

Dalam momen itu, sebuah pertanyaan menarik terlontar dari kalangan siswa. “Karena tugas dari Bawaslu adalah mengawasi pemilu, maka sebelum dan setelah pemilu, apa yang kakak-kakak lakukan sehari-hari?” tanya Tiara, siswi dari kelas XII.1. Pertanyaan tersebut sontak disambut antusias oleh teman-temannya yang lain, karena ternyata mereka memiliki rasa penasaran yang sama tentang hal tersebut.

Affandi, salah satu staf dari Bawaslu pun menanggapi pertanyaan tersebut. “Proses persiapan pemilu ini biasanya dimulai sejak 2 tahun sebelum pemilu, maka sejak tahun 2022 kami sudah mulai bekerja” ujarnya. “Selain itu, biasanya kami juga menelaah atau mempelajari undang-undang,” tambahnya lagi.

Sebagai penutup, pihak Bawaslu pun mengajak para siswa untuk bersama-sama mengikuti lomba dalam rangka pencegahan tindakan kecurangan dalam pemilu yang diselenggarakan bekerjasama dengan mahasiswa dari Universitas Internasional Batam. Lomba membuat poster, twibbon, maupun video pendek itu pun menjadi salah satu agenda literasi siswa kelas XII SMAK Yos Sudarso Batam.

Kontributor : Dwiky Natalia

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Sekolah YOS SUDARSO

Mars Yos Sudarso

Mars Pik-R SMAKYS

Find Us !

About

SMA KATOLIK YOS SUDARSO BATAM
STATUS : TERAKREDITASI “A”

Alamat : Jln. Dang Merdu No.02 - Kel. Teluk Tering – Kec. Batam Kota
BATAM 29421 TELP : (0778) 461547