Inilah Lebihnya SMA Yos Sudarso Sebagai Sekolah Penggerak di Batam

 Batam, YTKNews.id – Kini, vokasi sedang trending di dunia pendidikan, khususnya di dunia pendidikan menengah atas.

Mengutip dari Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka terkait mata pelajaran vokasi, dijelaskan bahwa saat ini Indonesia memiliki 4.700 perguruan tinggi dengan rata-rata lulusan SMA dan SMK adalah 2-3 juta per tahun, sedangkan persentase lulusan SMA dan SMK tersebut yang melanjutkan ke perguruan tinggi baru sekitar 38 persen.

Oleh karena itu, satuan pendidikan perlu mempersiapkan peserta didik yang memiliki keterampilan dan kemampuan untuk bekerja apabila mereka tidak dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Isi buku saku itu, begitu relevan bagi SMAK Yos Sudarso (SMAKYS) Batam. Pasalnya, sekolah yang terkenal dengan nama SMAKYS ini, menjadi salah satu sekolah yang lolos seleksi program Sekolah Penggerak.


 

Maka bagai dayung bersambut, SMAKYS juga turut mengambil kesempatan tersebut. Pihak sekolah menerapkan hal ini agar dapat memberikan yang terbaik untuk para siswa SMAKYS saat ini dan untuk di kemudian hari.

Dalam wawancara bersama Kepala SMA Katolik Yos Sudarso Batam, Sumiyati, S.Pd mengutarakan bahwa pentingnya diadakannya vokasi di SMAKYS agar keterampilan yang diajarkan kelak dapat digunakan para siswa SMAKYS yang akan langsung terjun ke dunia kerja.

”Mata pelajaran vokasi ini memang bukan sebuah kewajiban pada struktur kurikulum yang ada, namun ini hal positif yang ditawarkan sekolah dengan menggandeng pihak-pihak terkait yang memiliki program di bidang pengembangan vokasi” ungkap Sumiyati menambahkan.

Tujuan yang mulia diutarakan Ibu kepala tentu saja juga perlu persiapan yang baik pula. Oleh karena itu, SMAKYS bekerja sama dengan beberapa pihak yang ada di Batam yang juga bergerak dalam dunia pendidikan yakni, Universitas Internasional Batam (UIB). Universitas ini juga memiliki program pengembangan vokasi di mata kuliahnya, sehingga sangat klop dengan tujuan yang telah diutarakan Sumiyati.

Adapun bidang vokasi yang akan disediakan di SMAKYS akan diselenggarakan di bulan Agustus bersama pihak UIB yakni, bidang teknik informatika serta bidang akuntansi. Kepala SMAKYS  menilai perkembangan globalisasi saat ini menjadi gagasan dalam pemilihan vokasi yang tepat untuk para siswa SMAKYS.

“Sebenarnya selain bidang di yang disebutkan tadi, masih banyak bidang yang masih akan dikembangkan menjadi pengembangan mata pelajaran vokasi di sekolah. Namun perkembangan globalisasi yang mencakup perkembangan teknologi serta masalah pelayanan menjadi kebutuhan keterampilan yang perlu dimiliki pertimbangan generasi mendatang,” begitu penjelasan Sumiyati dalam gestur wajah yang penuh sumringah.
 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Sekolah YOS SUDARSO

Mars Yos Sudarso

Mars Pik-R SMAKYS

Find Us !

About

SMA KATOLIK YOS SUDARSO BATAM
STATUS : TERAKREDITASI “A”

Alamat : Jln. Dang Merdu No.02 - Kel. Teluk Tering – Kec. Batam Kota
BATAM 29421 TELP : (0778) 461547