Wow! Baru Mulai Debut, Podcast SMAK Yos Sudarso Melaju ke Level Nasional

 

Batam, YTKNews.id—Podcast atau play on demand and broadcast saat ini menjadi salah satu konten media yang mendapat perhatian masyarakat. Konten yang berisi obrolan santai antara host dan narasumber ini ternyata sangat diminati generasi muda. Termasuk siswa SMAK Yos Sudarso tentunya. Di sekolah ini, fasilitas studio podcast sudah tersedia, sehingga para siswa dapat mengasah bakat mereka dalam dunia broadcast.


Podcast SMAKYS memulai debutnya dalam lomba yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kepulauan Riau. Lomba yang berjudul Karakter Id atau Kampus Rakyat Terpilih Indonesia itu diselenggarakan untuk pelajar dan mahasiswa. Setelah melewati proses seleksi, terpilihlah 18 orang pelajar dan mahasiswa yang berhak mengikuti training bersama trainer nasional yaitu La Rane Hafied.

Pelatihan tersebut diadakan beberapa bulan yang lalu, tepatnya 2 sampai 5 Mei 2023 di Aston Hotel Batam. Dalam kegiatan tersebut, para peserta diberi pelatihan tentang seluk beluk podcast dan bagaimana menjadi podcaster yang baik. Setelah itu, mereka menjalani proses seleksi kedua untuk bisa terpilih mewakili Kepulauan Riau dalam lomba podcast secara nasional.

Inderjit Singh. Siswa berdarah India yang saat ini duduk di kelas XII SMAK Yos Sudarso ini akhirnya berhasil lolos seleksi dan terpilih mewakili Kepulauan Riau untuk lomba podcast secara nasional pada bulan November 2023 nanti. “Saya terkejut. Awalnya sudah pasrah karena saingan saya bagus-bagus,” ungkapnya.

Ketika ditanya tentang hal yang membuatnya berhasil lolos seleksi, ia pun menceritakan proses yang dilaluinya. “Setelah mendapat pelatihan, kami semua diminta membuat podcast singkat tentang kehidupan sehari-hari sebagai anak Kepri,” ujarnya mengawali cerita.

“Sesudah itu, hasil podcast kami diseleksi dan terpilihlah 3 orang finalis, saya salah satunya,” tambahnya lagi. “Mungkin penyebab saya terpilih karena podcast saya benar-benar terkesan sangat Batam kali, ya,” ujarnya sambil tertawa.

Ketua panitia penyelenggara, Pauzi, S.Ag., M.Si., Ph.D. dalam sambutan penutupnya mengungkapkan kekaguman pada para peserta lomba. Beliau menyampaikan bahwa bagusnya karakter  suara para peserta membuatnya merinding. “Kekuatan yang Anda miliki ini harus kita gunakan untuk menyampaikan hal-hal baik tentang kearifan lokal daerah kita pada masyarakat, melalui podcast tentunya,” ucapnya sebelum menutup acara.

“Kami akan meneruskan untuk membina dan mendampingi kalian, terutama pada salah satu wakil kita yang terpilih.” Tak lupa, di ujung sambutannya ia pun mengajak semua peserta untuk mendukung perwakilan Kepri di kancah nasional ini “Jangan lupa ikut menge-like, comment, dan subsribe, ya!” ujarnya menyudahi sambutan.

Debut perdana podcast SMAKYS ini tentu saja menjadi pemantik semangat siswa untuk terus meningkatkan kemampuan di bidang broadcast. Inderjit akan mengikuti perlombaan podcast  tingkat nasional untuk mewakili Kepri di bulan November 2023 nanti. Mohon doa dan dukungannya, ya! (sfn/dwi)

 

Reporter : Dwiky Natalia

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Sekolah YOS SUDARSO

Mars Yos Sudarso

Mars Pik-R SMAKYS

Find Us !

About

SMA KATOLIK YOS SUDARSO BATAM
STATUS : TERAKREDITASI “A”

Alamat : Jln. Dang Merdu No.02 - Kel. Teluk Tering – Kec. Batam Kota
BATAM 29421 TELP : (0778) 461547